September 22, 2018

Di Sumut, 95,69 Persen SMK Sudah Ujian Berbasis Komputer

Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi, saat diwawancarai, seusai meninjau pelaksanaan UNBK SMK di SMK Negeri 7 Medan, Jalan STM Nomor 12 Medan. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Tahun 2018 ini, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diikuti 889 sekolah, dari 929 SMK di Sumatera Utara, berarti 95,69 persen SMK di Sumatera Utara sudah menggunakan ujian berbasis komputer.

Sedangkan jumlah siswa SMK yang mengikuti ujian nasional tahun 2017, berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Sumut, mencapai 89.418 orang. Sekitar 97,9 persen atau 87.554 orang siswa diantaranya sudah mengikuti UNBK. Hanya 1.874 siswa atau sekitar 2,1 persen siswa, masih mengikuti ujian nasional dengan menggunakan pensil dan kertas,” kata Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, saat meninjau pelaksanaan UNBK SMK di SMK Negeri 7 Medan, Jalan STM Nomor 12 Medan, Senin (2/4/2018).

Baca Juga:  Perpaduan SDM Dibalut Imtaq Mampu Kuasai Dunia

“Ini suatu kemajuan dengan SMA dan SMK di bawah naungan provinsi sesuai undang-undang nomor 23 tentang pemerintah daerah, siswa yang mengikuti ujian nasional dengan kertas dan pensil menjadi lebih kecil, dan lebih banyak menggunakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK),” ungkap Gubernur Sumut, Erry Nuradi.

Di era teknologi saat ini, Gubernur Erry Nuradi mengharapkan Dinas Pendidikan Sumut dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah siswa SMK yang mengikuti UNBK. Sehingga seluruh sekolah SMK yang ada di daerah ini dapat mengikuti UNBK. “Diharapkan teknologi IT ini, dapat digunakan untuk penerimaan peserta didik dan kenaikan pangkat guru-guru secara online,” ujarnya.

Sementara, Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Amiruddin menyampaikan, jumlah siswa yang mengikuti UNBK di sekolahnya sebanyak 670 orang dan ada 15 orang menumpang gedung di SMK Negeri 7 yaitu dari SMK Advent Medan. “Ujian nasional berlangsung empat hari, dimulai tanggal 2 sampai 5 April 2018. Hari pertama dimulai dengan ujian Bahasa Indonesia. “Siswa dari Advent mengikuti UNBK di sesi terakhir,” ungkapnya. (kn-m09)

Related posts