Delapan Ekor Ikan “Predator” Arapaima Ditangkap Di Sungai Brantas

Ikan “predator” Arapaima gigas berhasil ditangkap dari Sungai Brantas. (ist)

KarakterNews.com – JAKARTA – Delapan ekor ikan “predator” Arapaima gigas ditangkap di Sungai Brantas, Jawa Timur. Jumlah itu adalah total keseluruhan ikan yang dibuang ke sungai tersebut.

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan (KIPM) Wilayah Surabaya I, Muhlin, mengatakan pemilik ikan, berinisial HG, saat diselidiki menyebut ada 30 ekor ikan Arapaima yang dimilikinya.

Empat ekor ikan Arapaima ada di kolam budi daya yang berada di rumah HG di Desa Canggu, Mojokerto. Kemudian, 18 ekor lainnya ditemukan di rumah HG di Desa Trosobo, Sidoarjo. Sisanya delapan ekor dilepas ke Sungai Brantas.

“Kita sudah bertemu pemilik untuk dimintai keterangan. Sebab, ada sisanya di buang di Sungai Brantas delapan ekor,” ungkap Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan (KIPM) Wilayah Surabaya I, Muhlin, seperti dilansir detikcom, pada Rabu (27/6/2018).

Baca Juga:  Menteri Susi : Ikan Arapaima Dilarang di Indonesia, Proses Hukum Pembudi Dayanya

Kata Muhlin, delapan ekor ikan Arapaima sudah tertangkap seluruhnya di Sungai Brantas. Informasi dari kepala desa, sudah delapan ekor ditangkap. Mudah-mudahan, kalau pemilik (HG) kemarin kan bilang delapan ekor yang dilepas, berarti sudah nggak ada. Kemarin ada tiga yang ditangkap, lalu Selasa ada lima ekor ditangkap,” ujarnya. (dtk.c/kn-m09)

Related posts