Dari 4 Balon KDh Tapteng Jalur Independen, ‘Pijar’ TMS

Tapteng_resizeKarakterNews.com – Sejak dimulainya pendaftaran Bakal Calon (Balon) Kepala Daerah untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), tercatat empat pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapteng.

Keempat bakal calon kepala daerah itu, masing-masing, pasangan Buyung Sitompul-Binsar Pasaribu Saruksuk (Besar), pasangan Awaluddin Rao-Shokizaro Laia (Rashoki), Pastor Rantinus Manalu-Ustaz Solidkin Lubis (Paus) dan pasangan Hapijuddin Pane-Warisuni Waris (Pijar).

Namun, seusai dilakukan pemeriksaan surat dukungan terdapat satu bakal calon perseorangan yang menyerahkan berkas dukungan, dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU Tapteng, yakni pasangan Hapijuddin Pane dan Warisuni Warasi “Pijar”, sehingga hal ini menggugurkan pasangan “Pijar” tidak bisa ikut di verifikasi faktual oleh KPU Tapteng.

“Satu bakal calon perseorangan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), yakni dari pasangan Hapijuddin Pane dan Warisuni Warasi (Pijar), karena tidak bisa memenuhi syarat minimal dukungan, yakni sebanyak 21.997 KTP,” ungkap Ketua KPU Tapteng, Halomoan Lumban Tobing, pada Kamis (11/8/2016).

Kata Halomoan, pihaknya sebelum mengeluarkan putusan TMS, sudah memberikan kesempatan dan meminta kepada Tim Pijar, untuk segera memperbaiki jumlah dukungan. Namun hingga batas akhir, Tim pasangan Pijar tidak mampu memenuhi syarat dukungan yang ditetapkan KPU. “Jumlah syarat dukungan dari masyarakat yang dibuat oleh pasangan Pijar, masih kurang dari ketentuannya, makanya TMS,” tegasnya.

Disisi lain, Ketua KPU Tapteng menuturkan, terdapat dua pasangan dari jalur perseorangan dinyatakan lolos verifikasi pemberkasan untuk tahap awal syarat dukungan, masing-masing pasangan Buyung Sitompul – Binsar Pasaribu (Besar) dan pasangan Awaluddin Rao – Sokhizaro Laia (Razhoki). Sedangkan pasangan Pastor Rantinus Manalu dan Ustad Shodikin Lubis (Paus), KPU masih melakukan tahap pemeriksaan pemberkasan. (kp.c/kn-m08)

Related posts