December 15, 2017

Cegah Banjir dan Longsor, Gubernur Erry Nuradi : Tanam Pohon

Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi saat menyiram bibit pohon yang baru ditanam, disaksikan Bupati Sergai Soekirman. (ist)

KarakterNews.com – SERDANG BEDAGAI – Gubernur Sumatera Utara, H Tengku Erry Nuradi mengajak masyarakat menjaga lingkungan masing-masing, agar senantiasa asri, sejuk, nyaman, indah dan aman.

“Mari galakkan gerakan menanam pohon, dengan adanya pohon yang ditanami, mudah-mudahan akan mengurangi bencana yang terjadi, seperti banjir dan longsor,” kata Gubernur Erry Nuradi, pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, dan sekaligus Bulan Menanam Nasional 2017 di Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Minggu (3/12/2017).

Dalam kegiatan tersebut, terlihat hadir Bupati Sergai Soekirman, Kadis Kehutanan Halen Purba, Direktur PT Jasa Marga Kualanamu Tol Agus Suharjanto dan perwakilan FKPD Sergai. Pada kesempatan itu, Gubernur Sumut juga menyerahkan sejumlah bibit kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pemkab Sergai, Pemkot Tebing Tinggi serta staf PT Jasa Marga.

Baca Juga:  Erry Nuradi : Bonus Demografi di Indonesia Tahun 2020-2034 Harus Disikapi

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mencatat telah menanam 22 juta bibit pohon berbagai jenis sebagai bentuk pancanangan gerakan menanam 1 miliar pohon oleh pemerintah pusat. Karena itu, pemerintah kabupaten/kota diminta agar mengimbau masyarakat untuk menggalakkan gerakan menanam 25 pohon selama hidup.

“Peringatan hari menanam pohon yang dilaksanakan di seluruh Indonesia ini, Sumatera Utara mengambil tempat kegiatan di lokasi pinggiran jalan tol Kualanamu-Sei Rampah tepatnya di sekitar pintu gerbang Teluk Mengkudu, Serdang Bedagai sepanjang 2,5 kilometer di sisi kanan kiri jalan. Ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas diresmikannya jalur bebas hambatan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Oktober lalu,” ungkap Tengku Erry Nuradi.

Baca Juga:  Ruas Jalan 170 KM Kewenangan Provinsi, Tanggungjawab Pemkab Simalungun 2.600 KM

Sementara itu, Kadis Kehutanan Sumut Harlen Purba dan sekaligus Ketua Panitia Pelaksana mengemukakan, kegiatan ini adalah peringatan ke-10 sejak 2007 lalu, dimana Pemprov Sumut telah menanam 370 juta lebih pohon berbagai jenis sebagai upaya penghijauan. “Jadi selama 10 tahun ini, rata-rata kita sudah menanam 30 juta setahun. Untuk penanaman pohon sendiri, kita sudah melaksanakannya sejak 26 November lalu dengan jumlah peserta 500 orang,” ujarnya.(kn-m08)

Related posts