Cawagub Sihar Sitorus : Kopi, Produk Unggulan Sumut Harus Dilindungi

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Sihar Sitorus, saat berdialog dengan pedagang oleh-oleh khas Dolok Sanggul ketika membeli wine coffee di Pasar Siliwangi, Humbang Hasundutan, pada pekan lalu. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara, Sihar Sitorus mendukung perwujudan Indikasi Geografis (IG) pada produk unggulan lokal seperti kopi.

Dikatakan Cawagub Sumut Nomor Urut 2, kekuatan IG mampu memberikan nilai tambah lebih pada produk lokal. “Keragaman dan keunggulan potensi alam Sumut dinilai sebagai salah satu anugerah, yang harus dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah,” kata Sihar Sitorus.

Wakil dari Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu) Djarot Saiful Hidayat ini mencontohkan, Provinsi Sumut memiliki beragam jenis kopi baik dari segi varietas maupun geografi, yang memiliki nilai jual sangat istimewa. Namun, nilai jual itu dapat hilang atau kotor, jika tidak dilindungi dari segi hak cipta yang saat ini diberikan peluang lewat keberadaan IG.

Baca Juga:  'Kami Lihat, Calon Wakil Gubernur Sihar Sitorus Suka Bersepeda'

Sihar Sitorus yang merupakan seorang Pengusaha sukses ini menuturkan, potensi tersebut dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai aset perdagangan, dan masyarakat yang memanfaatkan potensi tersebut harus dilindungi secara hukum lewat IG.

“Ini contoh nyata, misalnya di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) petani dan pengusaha kopi sudah dilindungi dengan IG, sehingga kopi Arabika Lingtong hanya dapat dipasarkan dengan ketentuan IG tersebut. “Jadi, produk Arabika lainnya tidak dapat menggunakan nama Lintong dalam produknya. Demikian juga Simalungun. Sekarang ini, Sipirok juga memperjuangkannya dan harus kita dukung,” ajak Sihar Sitorus.

Disebutkan Cawagubsu Sihar Sitorus, apabila produk lokal sudah memiliki IG, maka hak-hak pihak yang memanfaatkan potensi tersebut dapat terlindungi. Apalagi, jika potensi itu sudah diperdagangkan ke dunia internasional. (rel/kn-m07)

Related posts