Bupati Tobasa : Optimalisasi Pendapatan Daerah Dari Sektor Pariwisata

Bupati Tobasa, Darwin Siagian bersama Anggota DPRD Tobasa Sabaruddin Tambunan, Ketua Panitia Lomba Jadi Pane meninjau lokasi pengumuman lomba kebersihan dan keindahan antar desa pinggiran Danau Toba. (ist)

KarakterNews.com – BALIGE – Bupati Toba Samosir (Tobasa), Darwin Siagian mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ajakan sadar wisata bagi warga, seperti yang dilakukan oleh Panitia Lomba Kebersihan dan Keindahan Antar Desa Pinggiran Danau Toba.

“Tujuan panitia sudah jelas, mengajak warga di desa pinggir Danau Toba sadar akan kebersihan. Daya tarik pariwisata diantaranya adalah kebersihan dan keindahan setelah budaya,” kata Darwin Siagian, saat meninjau persiapan lokasi pengumuman hasil Lomba Kebersihan dan Keindahan Antar Desa Pinggiran Danau Toba di pantai Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Tobasa, Senin (28/8/2017), dihadiri Ketua Panitia Lomba Jadi Pane SPd, Adol Frian Rumaijuk, Sekretaris Panitia Hottua Samosir MSi, Wasir Simanjuntak Kadis PMDes dan sejumlah pejabat SKPD lainnya.

Baca Juga:  Dua Perusahaan Berhenti Beroperasi, Jika Cemari Danau Toba

Untuk diketahui, pengumuman lomba ini akan dihadiri Wakil Gubernur Sumut Dr Nurhajizah Marpaung, dilaksanakan pada Selasa 29 Agustus 2017. Panitia lomba yang diinisiasi RE Foundation, YSKI, PWI Sumut, Unita, LiteFM, Kardova Group, PelitaBatak.com, Bank Sumut, Horas Halak Hita (H3), PT Inalum dan donatur. “Kita mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pihak panitia, Pemkab Tobasa juga fasilitasi untuk pengumuman final lomba ini,” kata Darwin.

“Pemkab Tobasa masih berupaya melakukan optimalisasi pendapatan daerah dari sektor pariwisata. “Dengan geliat pariwisata akhir-akhir ini, warga Tobasa sudah merasakan dampaknya. Kegiatan ini menjadi promosi bagi pariwisata kita,” ujar Darwin, seraya menjelaskan, Pemkab Tobasa terus berupaya memberdayakan garis pantai Danau Toba.

Baca Juga:  Jokowi Instruksikan Bentuk Tim Promosi Pariwisata Danau Toba

Sementara itu, Anggota DPRD Tobasa, Sabaruddin Tambunan mengemukakan, DPRD mendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah itu. “Dari sisi anggaran dan kebijakan, kita tetap dukung dari DPRD. Karena sektor pariwisata adalah sektor yang paling mudah dirasakan warga, hanya tinggal kemauan warga nya saja,” tuturnya.

Dijelaskan Sabaruddin, sektor pariwisata di Tobasa butuh dukungan dari segi infrastruktur dan faktor pendukung lainnya. “Jika sumber daya alam dan budaya kita sangat baik, kegiatan ini akan menarik wisatawan lokal kalau daerah ini sangat indah,” ujarnya.(rel/kn-m10)

Related posts