Bupati Simalungun – Ketua PKB Daftar, KPU Sumut Tolak Berkas Pendaftaran

Komisioner KPU Sumut Divisi Teknis Penyelenggara, Benget Silitonga, saat menjelaskan kepada JR Saragih dan Ance Silian, tentang dokumen syarat pendaftaran yang belum lengkap. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Bupati Kabupaten Simalungun, Jopinus Ramli (JR) Saragih bersama Ketua DPW PKB Sumut Ance Silian, resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (cagubsu-cawagubsu) ke Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (9/1/2018).

Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara JR Saragih dan Ance Silian yang didukung koalisi tiga partai politik (parpol) Partai Demokrat, PKB dan PKPI ini, tiba di Kantor KPU Sumut sekitar pukul 11.45 WIB, setelah diarak dari Kantor DPD Demokrat Sumut Jalan Abdullah Lubis dengan mengendarai mobil.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara menolak sementara pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur JR Saragih dan Ance Silian, disebabkan berkas pendaftaran dinyatakan belum lengkap.

Baca Juga:  Tahapan Pilgubsu 2018 Disiapkan, Pegawai Sekretariat KPU Ditarik Pemkab Labusel

Komisioner KPU Sumut Divisi Teknis Penyelenggara, Benget Silitonga mengemukakan, dokumen syarat pendaftaran yang belum lengkap itu yakni Surat Keterangan dari KPK tentang LHKPN, surat keterangan dari pengadilan yang menyatakan tidak pernah menjalani pidana penjara dan surat keterangan dari pengadilan yang menyatakan tidak memiliki hutang yang merugikan keuangan negara. “Sesuai peraturan ketiga dokumen itu wajib diikutsertakan dalam berkas pendaftaran,” tegasnya.

“Penolakan berkas ini bukan berarti membatalkan hak pasangan calon untuk maju di Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) Tahun 2018. KPU Sumut memastikan, pasangan ini masih tetap memiliki kesempatan untuk mendaftar kembali setelah seluruh berkas persyaratan dilengkapi. “Besok, Rabu (10/1/2018) pasangan ini masih bisa mendaftar, sebab sesuai jadwal masa pendaftaran masih berlangsung hingga 10 Januari 2018 pukul 24.00 WIB,” ungkap Benget Silitonga.

Baca Juga:  "Salinan Putusan PT TUN Dipelajari, Lalu Kasasi"

Menanggapi hal tersebut, bakal calon gubernur ini menjelaskan, pihaknya akan segera melengkapi seluruh berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar. “Kita akan langsung ke pengadilan untuk meminta surat keterangan yang dibutuhkan itu, dan kami akan datang kembali dengan dokumen yang sudah lengkap,” kata JR Saragih, seraya mengakui berkas yang belum lengkap itu adalah dokumen Ance Silian.

“Jelasnya, kita segera melengkapi seluruh berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar kembali sebagai pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur. “Belum diterimanya berkas pendaftaran, ini disebabkan kekurangan beberapa dokumen pribadi milik Ance Silian,” kata Bupati Simalungun ini.

Untuk diketahui, pasangan Cagubsu dan Cawagubsu JR Saragih-Ance Selian ini menjadi pasangan yang kedua mendaftar ke KPU Sumut. Sebelumnya, pada Senin (8/1/2018) pasangan Edy Ramayadi – Musa Rajekshah sudah mendaftar dengan diusung koalisi 6 partai politik.(kn-m09)

Related posts