September 22, 2018

Bentuk Tim Penyelesaian Konflik Tanah Eks HGU

fbr-sumutKarakterNews.com – Sengketa lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) PT. Perkebunan Nusantara (PTPTN) telah terjadi selama belasan tahun. Baik masalah perebutan lahan, penyerobotan, konflik antara masyarakat dengan pengusaha dan lain sebagainya.

Sebagai solusinya, Plt. Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi M.Si menginstruksikan kepada dinas terkait untuk segera membentuk Tim Penyelesaian Lahan Eks HGU PTPN, termasuk tuntutan masyarakat Melayu atas dasar Hak Ulayat maupun tuntutan petani atas dasar Alas Hak Objek Landreform, dapat dicarikan solusinya.

Instruksi itu disampaikan Plt. Gubernur Sumut saat acara pertemuan dengan pengurus Forum Rakyat Bersatu (FRB) dan sejumlah masyarakat di Kantor Gubernur Sumut, Jl. Diponegoro Medan, Jumat (26/2/2016).

Baca Juga:  Perkuat Ekonomi Rakyat, PTPN III Latih Ibu-Ibu

Berdasarkan laporan yang didapat, dari 5800an hektar tinggal 3600 hektar tanah yang dimiliki PTPN. “Hal itu perlu dilakukan klarifikasi kembali sehingga ketika diputuskan ada dasar hukum yang jelas. Kalau ada pejabat Pemprovsu yang dulu tangani ini bisa dilibatkan, supaya kita mengetahui jalan cerita, karena sudah belasan tahu lalu, tangani case per case sehingga ada progress yang jelas,” kata Erry.

Selain itu Erry juga meminta pihak-pihak terkait untuk netral dan bebas dari kepentingan. (rv-17)

Related posts