September 23, 2018

Bawaslu Sumut Gelar Musyawarah Ke-Empat Sengketa Ijazah JR Saragih

Massa pendukung JR-Ance berorasi dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan di depan Kantor Bawaslu Sumut. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Badan Pengawas Pemilu Sumatera Utara (Bawaslu Sumut) menggelar musyawarah lanjutan sengketa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018, pada Selasa (27/2/2018) di Kantor Bawaslu Sumut, Jalan Adam Malik, Medan.

Musyawarah lanjutan sengketa Pilgubsu 2018 yang keempat ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, menghadirkan Kabiro Hukum KPU-RI, Nur Syarifah sebagai saksi.

Sidang sengketa ini terkait atas gugatan bakal pasangan calon JR Saragih-Ance Selian (pemohon) yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) untuk maju dalam Pilgubsu 2018. Tim hukum pemohon mengajukan sengketa ini kepada Bawaslu Sumut dengan menggugat KPU Sumut (termohon).

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan, sidang lanjutan keempat untuk mendengarkan keterangan saksi dari pihak termohon.

Baca Juga:  Jika Lepas Tanggungjawab, Panwascam di Pidana Penjara dan Denda

Komisioner KPU Sumut, Iskandar Zulkarnain, (selaku termohon) mengatakan, dalam sidang ini pihaknya menghadirkan dua saksi. “Pertama adalah Tim Kelompok Kerja (Pokja) Pilgubsu 2018 dan kedua adalah pihak pembuat Peraturan KPU (PKPU),” sebutnya.

Terkait Bawaslu Sumut sedang menggelar musyawarah sengketa perihal gugatan pasangan calon JR Saragih-Ance Selian (pemohon) yang tidak lolos maju dalam Pilgubsu 2018, tidak hanya dihadiri kuasa hukum JR Saragih-Ance Selian dan KPU Sumut, tapi juga pendukung pasangan calon yang diusung Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Beberapa pendukung JR Saragih-Ance yang tidak bisa masuk, harus menunggu di depan Kantor Bawaslu. Sambil menunggu, para pendukung berorasi menyuarakan dukungan. Massa pendukung JR-Ance juga menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan menyajikan yel-yel.

Baca Juga:  Awasi Pilkada Tapteng dan Tebingtinggi, Bawaslu Bersama KPU dan KPID Sumut Teken MoU

Dari pantauan dilokasi, ratusan personil Kepolisian terlihat berjaga di kantor Bawaslu Sumut dan mengawal para pendukung JR-Ance. “Ada sekitar 300 personil yang diturunkan untuk mengamankan sidang ini,” ungkap Dir PAM Ovit Polda Sumut, Kombes Hery Sobiansauri. (kn-m08)

Related posts