Baru 22 Pemda Serahkan Laporan Keuangan, 12 Daerah Ditunggu Sampai 1 Mei

KarakterNews.com – MEDAN – Kepala BPKP Sumut, Sihar Panjaitan meminta komitmen Gubernur Sumatera Utara agar kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level III se-Sumatera Utara tahun 2018 dapat tercapai.

“Hingga saat ini, baru ada 22 Pemerintah Daerah (Pemda) yang menyerahkan laporan keuangan, sementara 12 daerah yang tersisa masih ditunggu sampai 1 Mei 201, sebelum diserahkan ke BPK,” kata Sihar Panjaitan, pada pembukaan sosialisasi strategi pencapaian kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level III se-Sumatera Utara Tahun 2018 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Jalan Diponegoro, Kota Medan, Jumat (13/4/2018).

Baca Juga:  Pemko Medan Sosialisasi Peraturan MenPAN

Sosialisasi strategi pencapaian kapabilitas APIP dan SPIP ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, dengan menghadirkan narasumber Kasatgas Korsupgah KPK RI Wilayah Sumut Juliawan Superani dan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Drs Gatot Darmasto MBA.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan sistem pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah sesuai dengan peraturan pemerintah No 60 tahun 2008 tentang sistem pengendalian intern pemerintah adalah proses integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai.

Sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo dan target yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019 kapabilitas APIP di tahun 2019 wajib berada di level III atau 85% APIP sudah berada di level III. Karena itu, sosialisasi ini menjadi momentum dan komitmen bersama dalam rangka peningkatan level maturitas SPIP dan kapabilitas APIP pada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota se-Sumatera Utara,” kata Gubernur Erry Nuradi. (kn-m09)

Related posts