Bangun Desa Wisata, Pelindo 1 Terima Apresiasi CSR Award 2017

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, menyerahkan penghargaan Apresiasi CSR Award 2017 kepada Direktur Keuangan Pelindo 1, Farid Luthfi. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1 menerima penghargaan Apresiasi CSR Award 2017, Kamis, 25 Januari 2018, untuk kategori budaya, yang diserahkan Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kepada Direktur Keuangan Pelindo 1, Farid Luthfi.

Apresiasi diberikan oleh Sindo Media ini adalah buah dari konsistensi Pelindo 1 dalam menjalankan program Corporate Social Responsibilty (CSR) dengan membangun Desa Wisata Tomok Parsaoran di Danau Toba, Sumatera Utara, secara berkelanjutan sejak Tahun 2016.

CSR Award 2017 untuk kategori budaya ini dikarenakan Pelindo 1 dinilai sukses dalam melakukan pembinaan terhadap kelompok masyarakat sadar wisata di kawasan Danau Toba. Kelompok sadar wisata ini mendapatkan pelatihan dan studi banding ke sejumlah obyek wisata di Yogyakarta, dengan tujuan agar warga di kawasan Danau Toba, memperoleh wawasan dalam mengembangkan potensi bisnis di desa wisata mereka.

Baca Juga:  Pelindo I Gelar Tabligh Akbar dan Haflah Al Quran Internasional, 28 Januari

“Kami bangga dengan apresiasi ini. Sindo Apresiasi CSR Award ini merupakan yang ketiga bagi Pelindo 1 menerima penghargaan atas konsistensinya dalam mengembangkan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan dan masyarakat. Prestasi ini akan terus memacu kami untuk meningkatkan upaya pembinaan terhadap masyarakat di kawasan wisata Danau Toba,” ungkap Farid Luthfi.

Pencapaian ini sekaligus sebagai bukti konsistensi Pelindo 1 sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang aktif mendorong pembangunan perekonomian desa, sesuai program BUMN Hadir Untuk Negeri,” kata Farid Luthfi, Direktur Keuangan Pelindo 1.

Sekedar diketahui, pemilihan Desa Wisata Tomok Parsaoran yang berlokasi di Pulau Samosir, Danau Toba, juga diapresiasi sebagai langkah tepat. Karena, Desa Tomok memiliki banyak potensi sejarah, dimulai dari makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan pertunjukan patung Sigale-gale.

Baca Juga:  Pelindo I Gelar Tabligh Akbar dan Haflah Al Quran Internasional, 28 Januari

Terlebih lagi, Danau Toba masuk dalam 10 destinasi pariwisata yang ditetapkan pemerintah sejak 2016. Bantuan untuk pembangunan desa wisata yang dilakukan Pelindo 1 antara lain penataan lanskap area kursi batu dan penanda kawasan, penataan tribun penonton untuk pertunjukan Sigale-gale, pembangunan Sopo (Bangunan Khas Batak), pembanguan gazebo untuk perajin tenun, penataan lanskap area makam raja Sidabutar, penataan lanskap dan panggung acara Mangalahat Horbo serta pembangunan area parkir.

Kegiatan CSR yang dilakukan ini tidak semata-mata amanat dari peraturan pemerintah dan perundang-undangan. Namun, program ini dilaksanakan sebagai investasi jangka panjang untuk keberlangsungan usaha perseroan. “Dengan CSR ini, kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan akan meningkat sehingga keserasian hubungan antara perusahaan dengan masyarakat akan meningkat.

Terkait sektor wisata, sepanjang Tahun 2017, Pelabuhan Belawan yang dikelola Pelindo 1 menerima sejumlah kunjungan dari kapal wisata atau cruise dari manca negara diantara MV Austral yang membawa 212 wisatawan dari Amerika Serikat, Belgia, United Kingdom, Australia, Kanada, India, Polandia, Afrika Selatan, Finlandia dan New Zealand.

Baca Juga:  Pelindo I Gelar Tabligh Akbar dan Haflah Al Quran Internasional, 28 Januari

Selain itu, Pelabuhan Belawan juga pernah menerima kunjungan dari Kapal Pesiar MV Silver Discovery. Ke depannya kami akan terus melakukan inovasi dan kreativitas dalam menjalankan program CSR. “Melalui kegiatan ini, masyarakat di sekitar area wilayah kerja BUMN akan semakin meningkat kesejahteraannya sekaligus jalinan hubungan positif antara masyarakat dan perseroan semakin meningkat,” papar ACS Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami. (rel/kn-m09)

Related posts