December 15, 2017

Bahan UN Didistribusikan ke Kabupaten/Kota Se Sumatera Utara

Ilustrasi Ujian Nasional.
Ilustrasi Ujian Nasional.

Karakternews.com – Seluruh pihak, dimulai dari penyelenggara ujian nasional (UN) 2016, siswa apalagi guru, agar secara dini menghapus setiap keinginan curang dalam pelaksanaan ujian nasional.

Permintaan ini disampaikan Plt Gubernur Sumatera Utara melalui Assiten III Hukesos Pemprovsu H OK Zulkarnain, saat memberangkatkan bahan UN SMA, MA, SMK dan Paket C 2016 ke Kabupaten dan Kota se-Sumatera Utara, Senin (28/3/2016) dinihari di Gudang Lanud Soewondo, Medan, dihadiri Plt Kadisdik Sumut DR H Arsyad Lubis, Ketua Dewan Pendidikan Sumut Prof Dr Syaiful S MPd, Ketua UN/ PPK UN Sumut 2016 Dra Yuniar MPd, mewakili Kapoldasu, Danlanud, pimpinan PT Pos dan lainnya.

Bahan UN pertama yang didistribusikan untuk Kabupaten Nias, Nisel, Nias Utara, Nias Barat dan Kota Gunungsitoli sebanyak 1.628 koli dengan truk dan diseberangkan dengan kapal dari Sibolga ke Pulau Nias untuk diserahterimakan kepada Panitia UN Kabupaten/Kota setempat.

Bahan tersebut dimaksud terdiri dari naskah soal, lembar jawaban UN, daftar hadir dan berita acara untuk dipergunakan pada UN SMA, MA, SMK dan Paket C 2016, dijadwalkan 4 hingga 6 April 2016 dan UN Berbasis Komputer (UNBK) hingga 12 April 2016. UNBK diikuti 5.209 siswa SMA/ MA dan 14.300 SMK.

Pendistribusian dilakukan empat hari hingga Kamis (31/3/2016) dengan jadwal yang diatur secara tersistem dimulai dari Kabupaten/Kota terjauh dari Medan. Hingga Senin malam sudah disalurkan untuk 12 dari 33 Kabupaten/Kota se-Sumut.

Plt Gubsu berpesan, pengawalan bahan UN dilakukan secara sungguh-sungguh, teliti dan cermat dan jangan ada yang tertinggal apalagi hilang. “Kita harus mewujudkan pelaksanaan UN yang kredibel di Sumut dan semuanya harus berlaku jujur dan objektif untuk mendukung slogan UN yang dicanangkan Mendiknas yaitu ‘Prestasi Perlu, Jujur Harus,” ucapnya.

Kepada para siswa, Plt. Gubsu berpesan ikutilah UN dengan penuh percaya diri dan bekali diri dengan belajar keras penuh motivasi dan hadapi UN dengan jujur. Dan bagi para guru diingatkan agar melaksanakan UN dengan objektif serta menghindari kecurangan dan pressure dari pihak manapun sehingga menjadi guru yang teladan di tengah-tengah masyarakat.

Dari catatan, terdata ada 12 Kabupaten/Kota yang sudah didistribusikan bahan UN hingga tadi malam selain di Pulau Nias juga Madina, Padangsidempuan, Tapsel, Tapteng, Sibolga, Padanglawas dan Padanglawas Utara. Hari ini, Selasa (29/3/2016) naskah didistribusikan kembali dengan tujuan untuk Humbahas, Samosir, Taput, Tobasa, Labusel, Labuhanbatu, Labura, Tanjungbalai, Asahan dan Batubara.

Kemudian, pada Rabu (30/3/2016) untuk Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Simalungun, Pematangsiantar, Tebingtinggi, Sergai dan Deliserdang. Selanjutnya, pada Kamis (31/3/2016) Langkat, Binjai dan Medan. (kn-m08)

Related posts