December 17, 2017

Awal Tahun 2016, Terjadi Perubahan Sistem Perekonomian Negara

Pekan Pasar Petani Sumut_2_resizeKarakternews.com – Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt. Gubsu), Ir H Tengku Erry Nuradi mengimbau petani menyiapkan diri dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan diberlakukan awal 2016 mendatang.

“Era MEA efektif diberlakukan 1 Januari 2016 mendatang. Awal tahun, akan terjadi perubahan pola dan system perekonomian di semua Negara yang tergabung dalam MEA, termasuk Indonesia,” kata Tengku Erry Nuradi, pada acara pembukaan Pekan Pasar Petani Sumut ke 12 tahun 2015, berlangsung di Desa Namo Mbelin, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang, Selasa (22/12/2015), dihadiri Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut Difi A Johansyah, Plt Kadis Pertanian Sumut Aspan Sofian Batubara, dan Kepala Bulog Fatah Yasin serta petani dari Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.

Kata Erry Nuradi, salah satu perubahan adalah terciptanya pasar bebas. Produk Negara yang tergabung dalam MEA akan bersaing dipasaran. Tentu hanya yang berkualitas dan memiliki harga terjangkau yang dapat bersaing. “Salah satu langkah yang dapat ditempuh petani adalah dengan memanfaatkan teknologi tepat guna, efisien dan berdayaguna, jika tidak, petani lokal akan kalah bersaing,” ujarnya.
Petani Sumut_resize
Sekedar diketahui, produksi padi Sumatera Utara hingga akhir Desember 2015 tercatat mencapai 3.866.492 ton dengan luas panen mencapai 753.996 hektar. Stok padi harus terus ditingkatkan, seiring meningkatnya kebutuhan pasar. Sementara produk unggulan hortikultura seperti kubis, kentang, wortel dan lainnya telah mampu menembus pasar ekspor.

Terlihat (foto) Plt Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi didampingi Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Kepala Perwakilan BI Sumut Difi A Johansyah, Plt Kadis Pertanian Aspan Sofian Batubara dan sejumlah petani, memanen buah tomat dalam pembukaan Pekan Pasar Petani Sumut ke 12 Tahun 2015 di Desa Namo Mbelin, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang. (kn/m-09)

Related posts