APK Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Dibersihkan

Petugas Satpol PP sedang menurunkan APK pasangan calon Djarot-Sihar. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Setdakot Medan, Musadad Nasution melepas Tim Gabungan, melakukan penertiban terhadap seluruh alat peraga kampanye (APK) di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (23/6/2018) pukul 23.00 WIB.

Setelah dilepas, Tim selanjutnya bergerak serentak untuk membersihkan seluruh APK Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut yang ada di Kota Medan.

Penertiban ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat dengan KPU dan Panwas Kota Medan yang dilakukan di Kantor KPU Medan siang harinya sekitar pukul 14.00 WIB. Selain komisioner KPU dan perwakilan Panwas Kota Medan, juga dihadiri perwakilan dari Polrestabes Medan, Polresta Belawan, Kodim 0201/BS, Kesbang Linmas, Satpol PP dan paslon Gubsu dan Wagubsu nomor 1 dan 2.

Dari rapat yang dilakukan, ada 6 poin yang diputuskan. Pertama, kegiatan penertiban dilakukan serentak mulai Minggu (24/6) pukul 00.00 WIB sampai 26 Juni 2018. Kemudian, sebelum penertiban dilakukan lebih dulu digelar apel yang dihadiri seluruh jajaran Kecamatan Medan Petisah dan Medan Barat.

Selanjutnya, untuk mendukung penertiban APK jenis baliho, diputuskan untuk menggunakan mobil tangga milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. Selain itu, juga dukungan mobil crane milik Dinas Bina Marga serta mobil pemadam kebakaran. Dengan demikian seluruh APK dalam bentuk baliho paslon 1 maupun 2 yang selama ini terpasang dapat terjangkau dan dibersihkan.

Rapat tersebut memutuskan, penertiban seluruh APK di lapangan akan dibantu dan dihadiri paslon nomor urut 1 dan 2. Lalu, rapat juga memutuskan untuk minta bantuan dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan seperti Badan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah serta Dinas Perumahan Permukiman dan Tata Ruang serta masing-masing-masing paslon.

OPD dan masing-masing paslon diharapkan bisa membantu menghubungi pihak advertising guna menurunkan seluruh APK dalam bentuk baliho maupun reklame. Sedangkan hasil keputusan terakhir, personel Satpol PP Kota Medan akan di-dropping ke seluruh Kecamatan di Kota Medan untuk mendukung pelaksanakan penertiban.

Sementara itu dalam apel, Musadad berpesan kepada seluruh tim gabungan dapat bekerja dengan sebaik-baiknya serta senantiasa berkoordinasi sehingga penertiban seluruh APK di Kota Medan dapat berjalan dengan lancar.

Penertiban yang kita lakukan merupakan bagian dari tahapan Pilgubsu 2018. Seluruh APK baik dari paslon nomor urut 1 maupun 2 harus ditertibkan. Semoga penertiban seluruh APK yang dilakukan berjalan dengan aman dan lancar. (kn-m08)

Related posts