September 25, 2018

Akademisi Evo Damanik : Calon Wagubsu Sihar Sitorus Tunjukkan Keseriusan Bangun Sumut

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Syaiful Hidayat- Sihar Sitorus, di studio Kompas TV, Jakarta, pada Sabtu (23/3/2018). (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Akademisi Evo M Damanik, SE, MM mengatakan Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Cawagub Sumut) Nomor Urut 2, Sihar Sitorus, memaparkan pemahaman yang mendalam tentang membangun daerah.

Contohnya, ketika berbicara tentang Danau Toba di sejumlah media massa, Calon Wagubsu Sihar Sitorus tidak hanya membahas persoalan dunia pariwisatanya. Namun, Sihar Sitorus membahas berbagai hal yang berkaitan dalam pengembangan Danau Toba secara global,” kata Evo M Damanik, yang juga seorang Dosen di Perguruan Tinggi, saat ditemui wartawan, Jumat (30/3/2018).

“Itukan menarik. Misalnya, pariwisata dapat dibangun kalau masyarakatnya paham pariwisata itu dan mendapat kontribusi dari pariwisata tersebut. Caranya bukan hanya dengan menjadi pengelola objek wisata, tapi bisa lewat banyak hal. Seperti petani kemenyan yang melestarikan hutan, sekaligus hidup dari hutan dan dapat menjadi wisata budaya dan wisata lainnya,” ungkap Evo Damanik, seraya menilai Calon Wagubsu Sihar Sitorus menunjukkan keseriusan dan pemahamannya sangat kuat dalam membangun daerah.

Baca Juga:  Petani Simalungun Berharap Calon Wagubsu Sihar Sitorus Benahi Sektor Pertanian

Dijelaskan Evo Damanik, hanya orang yang paham tentang Sumut yang mampu menjelaskan dan mengembangkannya. Kalau hanya cerita membangun semua dapat memaparkannya. Tapi sistematika berpikir membangun dan arah membangun, tidak semua bisa. “Seorang Sihar Sitorus mampu, serta membuatnya saling keterkaitan,” ujarnya.

Calon Wakil Gubernur Sumut, Nomor Urut 2, Sihar Sitorus memperlihatkan buku yang akan dibaca di Perpustakaan Daerah Sumatera Utara di Medan, beberapa waktu lalu. (ist)

Keistimewaan lainnya, Sihar Sitorus bisa mengubah mitos menjadi logos. Contohnya, ketika menjejaki beberapa situs, dimana Sihar menjelaskannya dari aspek geologi. Seperti kekayaan bebatuan Danau Toba dan keterikatan geografis dengan budaya keseharian masyarakat. Ini kan istimewa sekali,” ujar Damanik.

Sewaktu mengunjungi warga Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan, Sihar Sitorus menunjukkan upaya pembangunan yang saling keterkaitan. Contohnya, Cawagub Sumut yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terlebih dahulu membeli peralatan pertanian di sekitar kawasan tersebut, khususnya peralatan panen padi hasil kerajinan tangan pande besi lokal. Setelah membeli benda itu, kemudian ikut memanen padi di kawasan Tano Tombangan. “Dengan kata lain, tindakan Sihar saat itu sudah memotivasi warga untuk menggunakan produk lokal dalam mengembangkan kekayaan alamnya,” ungkap Evo.

Baca Juga:  Kawan Djarot-Sihar Kagumi Cerita Perjalanan Cinta Sihar dan Patricia

“Apa yang dilakukan Calon Wakil Gubernur dari Calon Gubernur Djarot Saiful Hidayat itu, sudah sangat tepat untuk menunjukkan keseriusan. Tidak semua kandidat bisa memahami pola yang sangat keterkaitan tersebut. “Jadi dia sudah menunjukkan pemahaman dan bentuk pengembangkan daerah dengan cara yang sederhana,” kata Evo Damanik. (kn-m07)

Related posts