September 24, 2018

Ada 200 Makam Dikomplek Kantor Bupati Tapsel, Segera Direlokasi

Ilustrasi relokasi makam.
Ilustrasi relokasi makam.

KarakterNews.com – Sekitar 200 makam keluarga dari masyarakat Janji Mauli yang berada di areal komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel), dipastikan akan segera direlokasi ke lokasi yang sudah disiapkan pemerintah di Desa Janji Mauli, Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.

Relokasi makam ini diharapkan sudah tuntas sebelum bulan puasa tiba,” kata Asisten I Tata Pemerintahan Zen Harahap didampingi KTU Satpol PP, Isnut Siregar dan Kasat Sabara Polres Tapsel, AKP J.Butar-butar kepada wartawan, Selasa (3/5/2016).

Dari pengamatan dilokasi pemakaman, terlihat pembersihan lahan yang disediakan Pemkab Tapsel seluas satu hektar di belakang pemukiman masyarakat Janji Mauli sudah dimulai dari, Senin (2/5/2016), juga tampak sejumlah alat berat seperti Buldowser dan Beco sedang melakukan aktifitas meratakan tanah dan menumbang kayu-kayu dan tanaman yang ada di areal tersebut, dan juga ikut dihadiri puluhan personil Kepolisian dan Satpol PP Tapsel melakukan pengamanan di Perkampungan Janji Mauli.

Baca Juga:  Pemkab Tapsel Bakal Kehilangan PAD Miliaran Rupiah

Kata Zen Harahap, proses pemindahan makam dilakukan setelah lahan selesai diratakan, dan makam yang akan dipindahkan sesuai dengan balai sebelumnya. “Kita berharap masyarakat kooperatif dan mau bekerjasama dalam memindahkan makam keluarganya, meskipun sebelumnya masyarakat melakukan upaya hukum di PTUN hingga kasasi terkait lahan pertapakan makam di areal perkantoran Pemkab yang dibebaskan Kemenhut pada Pemkab Tapsel,” ungkapnya.

Mewakili Bupati Tapsel, Zen Harahap juga berharap agar proses ini berjalan lancar tanpa hambatan, sebab relokasi ini mesti dilakukan mengingat lahan makam di areal perkantoran akan dipergunakan untuk membangun sarana dan prasarana Pemerintahan Tapsel seperti kantor dan lainnya. (kn-m09)

Related posts