November 23, 2017

9 Pemda Dataran Tinggi Prioritaskan KSN Danau Toba

KarakterNews.com – SIMALUNGUN – Sembilan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota di kawasan dataran tinggi diminta mendukung program prioritas nasional Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN).

“Rencana kerja pembangunan (Musrenbang) di kawasan dataran tinggi Sumatera Utara pada tahun 2018 akan dititik beratkan pada pengembangan sektor pariwisata, kepada Pemerintah Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Pakpak Bharat, Dairi, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Karo dan Toba Samosir,” kata Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi, saat membuka Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumut di Hotel Grand Inna Parapat, Rabu (22/3/2017).

Gubernur Sumut menekankan, kawasan dataran tinggi memprioritaskan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana transportasi mendukung KSN Danau Toba. “Pembanguan infrastruktur yang membutuhkan dukungan Pemkab/Pemko diantaranya pembangunan jalan tol Tebingtinggi-PematangSiantar-Parapat-Tarutung-Sibolga,” ujar Erry Nuradi.

Selain itu, dukungan juga dibutuhkan dalam proyek pemantapan jalan lingkar Pulau Samosir, meningkatkan akses jalan lingkar luar Danau Toba dan jalan-jalan akses antar kabupaten. “Dukungan lain adalah menjadikan Bandara Sibisa dan Silangit sebagai simpul transportasi udara dan dapat menjadi simpul utama kawasan serta pembangunan pelabuhan penyeberangan berstandar internasional,” ungkap Gubernur Sumut.

Pemerintah juga membutuhkan dukungan Pemkab/Pemko di kawasan dataran tinggi untuk penyiapan daya tarik wisata dengan segala fasilits pendukungnya, termasuk mempersiapkan SDM pelaku bisnis pariwisata, serta dukungan dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Kabupaten Simalungun, terutama pembebasan lahan untuk pembangunan sarana dan prasarana transportasi dan infrastruktur pendukung lainnya,” papar Gubernur Sumut Erry Nuradi.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Sumut Irman menjelaskan Pra Musrenbang 2017 merupakan tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2018. “Momentum perubahan dalam penyusunan dokumen perencanaan dengan dimulainya implementasi aplikasi system perencanaan pembangunan terintegrasi berbasis elektronik yang disebut e-Sumut Provsu,” ujarnya. (kn-m09)

Related posts