400 Warga Kurang Mampu di Medan Belawan Terima KKS

Walikota Medan, Dzulmi Eldin saat berpidato, sebelum menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada 400 warga kurang mampu. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada 400 warga kurang mampu, berlangsung di halaman Kantor Camat Medan Belawan, Jalan Cimanuk, Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Selasa (29/5/2018).

Penyerahan KKS ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota (Pemko) Medan, dalam upaya memberikan perlindungan sosial terhadap warganya yang kurang mampu.

Secara simbolis, penyerahan KKS diterima oleh 5 orang warga, yang langsung diserahkan Walikota Medan, Dzulmi Eldin, saat melaksanakan Safari Ramadhan di Kecamatan Medan Belawan. Selain penyerahan KKS, Safari Ramadhan juga dirangkaikan dengan buka puasa bersama.

Sebelumnya, Walikota Medan menyerahkan bantuan untuk Masjid Nurul Hidayah dan Masjid Al Bariyah, masing-masing sebesar Rp 40 juta, dan memberikan santunan terhadap 100 orang anak yatim.

Walikota Medan, Dzulmi Eldin menjelaskan, pemberian KKS ini merupakan bagian dari program keluarga harapan sebagai upaya pemerintah, memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu, dan sekaligus sebagai cikal bakal pengembangan sistem pelayanan pendidikan dan kesehatan.

“Program keluarga harapan ini dapat dijadikan sebagai akses yang lebih baik dalam memanfaatkan pelayanan sosial yaitu kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, termasuk menghilangkan kesenjangan sosial dan keterasingan sosial yang selama ini melekat pada masyarakat kurang mampu,” tegas Dzulmi Eldin.

Selanjutnya, melalui Safari Ramadhan tersebut, Walikota Medan mengajak warga Belawan untuk mendukung dan mensukseskan program-program pembangunan yang sedang dijalankan Pemko Medan, seperti menjaga kebersihan lingkungan, menghidupkan sistem keamanan lingkungan (siskamling), memenuhi kewajiban membayar pajak dan senantiasa menjaga serta mengawasi keluarga dan anak-anak dari bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

Kepala Dinas Sosial, Ir Endar Sutan Lubis M.Si memaparkan, jumlah penerima bantuan sosial untuk Kota Medan sebanyak 80.421 warga, terdiri dari 43.548 warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan 28.515 warga Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (PBPNT). Untuk Kecamatan Medan Belawan, merupakan menerima bansos terbesar di Kota Medan dengan penerima sebanyak 11.499 warga.

Sedangkan Camat Medan Belawan, Ahmad SP menjelaskan, 400 warga kurang mampu yang menerima KKS dari Walikota berasal dari Kelurahan Belawan 1 dan Belawan 2. “Saya berharap bantuan yang diberikan ini dapat membantu masyarakat Belawan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya. (kn-m09)

Related posts