December 15, 2017

355 Pengawas TPS se- Kota Tanjungbalai Dilantik

Tanjungbalai – Sebanyak 355 Anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang direkrut Panitia Pengawas Kecamatan se Kota Tanjung Balai, diambil sumpah dan dilantik oleh Ketua Panwas Pilkada Kota Tanjung Balai Suardi, berlangsung di Gedung Olahraga Kota Tanjungbalai, Kamis (19/11/2015).

“Panwas Kota Tanjungbalai bersama Panwas Kecamatan beserta jajaran PPL siap mengawal pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjung Balai yang berintegritas dengan ditetapkannya dan dilantiknya para pengawas TPS,” kata Suardi, dalam sambutannya.

Dihadapan Anggota PTPS, kata Suardi, sesuai dengan UU No. 8 Tahun 2015, bahwa masa tugas Pengawas TPS mulai 23 hari sebelum hari H sampai 7 hari setelah hari H, dengan tupoksi sebelum hari H mengawasi pergerakan logistik Pilkada mulai dari Desa/Kelurahan ke TPS dan dari TPS ke Kecamatan. “Pihak Panwascam juga akan memaksimalkan fungsi para Pengawas TPS untuk pengawasan kampanye dan rekapitulasi suara,” pintanya.

Disebutkan Suardi, para Pengawas TPS akan dibekali pengetahuan untuk pengawasan saat kampanye, pemungutan suara dan penghitungan suara. Pengawasan ini melekat untuk mengawasi pergerakan DPT, contohnya, apa masih ada warga di TPS tempat Pengawas TPS bertugas, bila ada warga yang belum terdaftar, juga mengawasi pergerakan Tim Sukses pasangan calon (paslon) apakah mereka melakukan pelanggaran sebelum hari H pencoblosan. “Terpenting lagi, pengawasan terhadap KPPS untuk memastikan proses pencoblosan sesuai dengan perundang – undangan dan aturan yang ada,” tegas Suardi.

Pelantikan Pengawas TPS Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjung Balai tahun 2015 dihadiri oleh Kapolresta Tanjungbalai AKBP Ayep Wahyu Gunawan, mewakili Kajari Tanjungbalai-Asahan, mewakili Danlanal,
Dandim 0208 Asahan serta Camat dan Kapolsek se- Kota Tanjungbalai. (kn/Tj-08)

Related posts