September 26, 2018

243 Mahasiswa Fakultas Kedokteran UISU Selesai Ujian UKMPPD

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara saat melaksanakan Ujian Kompetensi Mahasiswa Profesi Pendidikan Dokter (UKMPPD) di Kampus FK UISU.
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara saat melaksanakan Ujian Kompetensi Mahasiswa Profesi Pendidikan Dokter (UKMPPD) di Kampus FK UISU.

Karakternews.com – Tercatat 243 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK-UISU), sudah selesai melaksanakan Ujian Kompetensi Mahasiswa Profesi Pendidikan Dokter (UKMPPD) di Kampus FK UISU Jalan Sisingamangaraja Medan, yang dilaksanakan pada Senin (29/2/2016).

Ujian UKMPPD ini berdasarkan UU No 20/2013 tentang pendidikan dokter Pasal 36 tentang uji kompetensi dengan Permendikbud Nomor 30 tahun 2014 tentang tatacara pelaksanaan Uji Kompetensi mahasiswa program profesi dokter dan dokter gigi, dan surat Dirjen Dikti tanggal 4 Maret 2015 point 2 bahwa hanya mahasiswa yang lulus UKMPPD yang berhak mendapat ijazah/sertifikat profesi dari perguruan tinggi.

Penjelasan ini disampaikan Ketua Panitia dr. Umar Zein DTM&H, SpPD, KPTI saat ditemui awak media di Kampus FK UISU Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (2/3/2016). “Ujian UKMPPD ini berlangsung selama tiga hari, dimulai Sabtu hingga Senin (27-29/2/2016).

Kata Umar Zein, pelaksanaan ujian UKMPPD ini dibagi enam sesi. Satu hari ada dua sesi yang diujikan, yakni para peserta berhadapan langsung dengan pasien. “Ujian UKMPPD ini adalah syarat mahasiswa untuk bisa wisuda. Karena itu, para peserta UKMPPD harus benar-benar mengikuti ujian ini, sehingga hasilnya yang diperoleh bisa baik, lalu sebulan nanti baru dapat kita ketahui hasil dari ujian UKMPPD ini,” ungkapnya.

Saat ditanya awak media, Umar Zein menjelaskan, sejak dimulai peraturan ini sudah ada 1000 mahasiswa FK-UISU mengikuti ujian UKMPPD. Dalam ujian ini, FK-UISU menghadirkan Penyelia Pusat dr. Felicia Kurniawan, M.Kes, yang juga dihadiri Rektor UISU Prof. Dr. Ir. Mhd Asaad, Pembantu Rektor I Dr Lisnawaty, Pembantu Dekan II dr.Indra Janis, MKT, Pembantu Dekan III dr.Alamsyah Lukito, M.Kes, Sekretaris Panitia dr. Dewi Pangestuti, M.Biomed dan Koordinator Panitia dr. Ismurizal, SH, Sp.F.

Secara terpisah, Dekan FK UISU dr. Abd Harris Pane, Sp.OG menyatakan, ujian UKMPPD pada periode ini pesertanya terbanyak dari pada pelaksanaan-pelaksanaan sebelumnya. “Pelaksanaan ujian ini berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan, semoga para peserta ujian bisa mencapai keberhasilan dengan maksimal, dan saya berharap tahun ini peserta ujian UKMPPD lulus 70 persen,” ucapnya. (kn-m09)

Related posts