17 Februari, Bupati/Walikota Status Tersangka Tetap Dilantik, Termasuk Sumut 21 Daerah

mendagri_resizeKarakternews.com – Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota yang sudah ditetapkan terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, 9 Desember 2015 lalu, dijadwalkan dilantik pada 17 Februari 2016 mendatang. Sementara untuk Kepala Daerah yang masih menjalani sidang sengketa, dilakukan pelantikan secara serentak pada Maret 2016.

“Terhadap Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota (Kepala Daerah) terpilih yang ditetapkan sebagai tersangka dan terindikasi melakukan praktik korupsi, politik uang hingga ijazah palsu, tetap dilantik. Namun, apabila yang bersangkutan ditetapkan sebagai terdakwa, maka jabatan sebagai Bupati/Walikota ataupun Wakilnya, akan langsung dicabut,” tegas Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo (foto), di Kantor Kemendagri, pada Jumat (5/2/2016) di Jakarta.

Baca Juga:  Selamat & Sukses, 202 Walikota/Bupati Dilantik Gubernur, Termasuk 'BENAR'

Kata Mendagri, pelantikan Walikota dan Bupati beserta wakilnya akan dilakukan serentak pada 17 Februari 2016 di Provinsi masing-masing. Kecuali untuk Kalimantan Tengah yang melantik Mendagri, karena pejabat Gubernurnya masih Pelaksana Tugas (Plt),” ujarnya

Dikemukakannya, pelantikan Bupati dan Walikota beserta wakilnya akan dilakukan setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur seluruh Indonesia pada 12 Februari 2016 di Istana Negara. “Usai dilantik, para Walikota dan Bupati akan diundang ke Jakarta untuk mendengarkan arahan Presiden, Menko terkait, KPK, BIN dan lain sebagainya, supaya pola pikirnya komprehensif, lalu mereka akan mengikuti Diklat di Lemhanas,” ungkap Tjahjo Kumolo.

Sekedar diketahui, pada Pilkada Serentak di Provinsi Sumatera Utara dari 23 daerah, ada 21 daerah menggelar Pilkada, karena dua daerah, masing-masing Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun masih mengalami penundaan dan kemungkinan Pilkada Simalungun akan digelar 10 Februari 2016.

Baca Juga:  Selamat & Sukses, 202 Walikota/Bupati Dilantik Gubernur, Termasuk 'BENAR'

Ke-21 Kepala Daerah di Sumatera Utara yang terpilih, dan akan dilakukan pelantikan serentak, masing-masing, Kota Binjai (Idaham-Timbas), Kota Medan (Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution), Serdang Bedagai (Soekirman – Darma), Mandailing Natal (Dahlan-Sukhairi), Tanjung Balai (M.Syahrial – Ismail), Asahan (Taufan-Surya), Tapanuli Selatan (Syahrul-Aswin Efendi), Labuhanbatu (Pangonal-Andi Suhaimi), Labuhanbatu Utara (Kharuddin Syah-Dwi Prantara), Labuhanbatu Selatan (Wildan-Khoir), Humbang Hasudutan (Dosmar-Saut), Samosir (Rapidin – Juang), Karo (Terkelin Brahmana – Cory S. Sebayang), Toba Samosir (Darwin-Hulman), Sibolga dan Pakpak Bharat.

Sedangkan Kepala Daerah terpilih dari Kepulauan Nias, akan datang ke Kota Medan untuk dilantik Plt. Gubernur Sumatera Utara, masing-masing Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Nias Selatan, Dr AKBP (Purn) Hilarius Duha, SH, MH-Sozanolo Ndruru. Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Nias Barat, Faduhusi Daeli-Khenoki Waruwu, Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Nias, Sokhiatul Laoli-Arosokhi Waruwu, Walikota/Wakil Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua-Sowaa Laoli dan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Nias Utara Ingati Nazara-Haogosokhi Hulu.(ant/kn-08)

Related posts