September 25, 2018

153 Calon Dokter FK UISU Ikuti UKMPPD

Karakternews.com – Calon Dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU), bila ingin disumpah menjadi dokter, maka diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter(UKMPPD), dilaksanakan oleh Dirjend DIKTI Kemdikbud terdiri dari dua tahapan, yakni teori dengan pola CBT (Comput er Based Test) dan OSCE (Objective Structure Clinical Examination).

Dekan Fakultas Kedokteran UISU, dr. Abd. Harris Pane menyampaikan hal ini, usai menguji para kandidat
pada Sabtu-Minggu (28-29 November 2015), saat ditemui di Kampus II A FK UISU Jalan Sisingamangaraja, Medan, Minggu (29/11/2015). “Dengan ujian nasional ini, para calon dokter FK UISU bisa mengikuti sumpah dokter, dengan harapan setelah mengikuti ujian UMKPPD, calon dokter FK UISU akan lebih terampil dalam menangani masalah pasien,” ujarnya.

Baca Juga:  Kopertis Optimis Akreditasi FK UISU "B"

Kata dr. Abd. Harris Pane didampingi Pembantu Dekan II FK-UISU dr. Indra Janis, M.kes, Uji Kompetensi
CBT dan OSCE yang menguji secara objektif dan komprehensif baik pengetahuan, ketrampilan serta profesionalisme ini sebagai implementasi adanya kurikulum berbasis kompetensi yang diberlakukan FK UISU.

“Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) ini berlangsung selama dua hari, dimulai Sabtu-Minggu, 28-29/11/2015, diikuti sebanyak 153 peserta calon dokter FK UISU. Dan pelaksanaan ujian UKMPPD ini dihadiri langsung Penyelia Pusat dr. Cholis Abrori, M.Kes, M.Pd.Ked dan 89 orang Penguji serta para Pimpinan FK-UISU Medan,” ungkap dr. Harris Pane.

Sementara itu, Pembantu Dekan II FK-UISU dr. Indra Janis, M.kes menjelaskan, ujian ini salah satu dari program pendidikan dokter untuk menuju para mahasiswa menjadi dokter umum. “Semoga para peserta ujian ini dapat mencapai keberhasilan,” ujarnya, seraya memberi dukungan semangat kepada para peserta ujian.

Baca Juga:  FK UISU Gelar Ujian Kompetensi Profesi Dokter

“Alhamdulillah, kegiatan UKMPPD ini berjalan dengan lancar dan aman, semoga kelulusan mahasiswa semakin meningkat sehingga dapat membanggakan Civitas Akademika FK-UISU Medan,” ucapnya.

Secara terpisah, Kepala Profesi dokter, Dr. Umar Zein,Sp.DTM&H, Sp.PD, KPTI mengatakan secara umum pelaksanaan ini sudah baik sepenuhnya. “Pelaksanaan ini tidak terlepas dengan dibentuknya kepanitiaan agar dapat terkoordinir dengan baik, dengan ditunjuknya dr. Ismurizal, S.H, Sp.F sebagai Ketua OSCE FK UISU Medan periode November 2015, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar seperti ujian pada waktu sebelumnya. (kn/m-08)

Related posts