November 23, 2017

10 Hari, KPK Di Mako Brimob Periksa 26 Politisi Demokrat

Medan – Selama 10 hari, dimulai 13 November sampai 21 November 2015. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminjam pakai Gedung di Markas Komando Brigadir Mobil (Mako Brimob) Sumatera Utara, berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim, Medan. Peminjaman gedung untuk memeriksa Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara masa periode 2009-2014 dan 2015-2019, diantaranya 26 Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Demokrat masa periode 2009-2014 oleh penyidik KPK.

Terkait pinjam pakai gedung itu, Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol. Helfi Assegaf, Kamis (12/11/2015), membenarkan, akan adanya pemeriksaan terhadap mantan Anggota DPRD Sumut dan pejabat atau yang terkait dengan kasus dugaan suap pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta pembatalan hak interpelasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut terhadap Gubernur Sumatera Utara non aktif, Gatot Pudjo Nugroho.

Baca Juga:  KPK Periksa 28 Anggota DPRD Sumut Periode 2009-2014

“Sesuai konfirmasi dengan Kepala Satuan Brimob Poldasu Kombes Pol Nirboyo, diketahui KPK meminjam tempat di Mako Sat Brimob Poldasu selama 10 hari, sebagai tempat pemeriksaan yang akan dilakukan penyidik KPK,” kata Kombes Pol. Helfi Assegaf.

Selain permintaan pinjam tempat atau ruangan di Mako Brimob, kata Kombes Pol. Helfi Assegaf, penyidik anti rasuah itu juga minta bantuan pengamanan. Untuk itu, pihak Polda Sumut menyiapkan sejumlah personil untuk mengawal seluruh proses pemeriksaan yang dilakukan penyidik KPK. “Bapak Kapolda Sumut menyetujui permintaan yang diajukan pihak KPK, baik mengenai peminjaman tempat dan pengawalan dari personil Kepolisian,” ujarnya. (kn/m-07)

Related posts